Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Anda

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Anda

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Anda - Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan antioksidan dapat membantu diet sehat anda. Berdasarkan penelitian, vitamin C pada jeruk nipis melebihihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya. Jeruk nipis juga mengandung kalsium, zat besi, kalsium, fosfor, karbohidrat, mineral, glukosa, asam sitrun, asam amino (lisin, triptofan), minyak atsiri, serta asam sitrat.

Manfaat jeruk nipis untuk diet

Jeruk nipis dapat membantu proses pengosongan lambung anda, karena jeruk nipis mengandung polisakarida non-pati, yang juga disebut sebagai serat makanan. Dengan demikian, jeruk nipis dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Kandungan sulfur atau belerang yang terdapat pada jeruk nipis, membuat jeruk nipis bersifat membunuh bakteri, bersifat astringent hingga dapat mengecilkan pori- pori, dan anti-inflamasinya sangat kuat. Di dalam usus, astringent ini akan mengecilkan pori- pori di dalam usus anda.

Misalnya saja jika seseorang makan karbohidrat, maka tidak hanya dicerna di mulutnya. Karbohidrat masuk ke lambung, kemudian masuk ke usus. Setelah itu terus dicerna sampai usus 12 jari memecah karbohidrat menjadi dua ikatan, kemudian masuk usus halus. Di usus haluslah, astringent dari jeruk nipis ini akan membuat pori- pori mengecil sehingga penyerapan makanan menjadi lebih sedikit, dan mempersingat makanan menjadi feses.

Selain itu, kandungan saponin pada jeruk nipis dapat membersikan yang terdapat di dalam tubuh, akan bekerja seperti lipase atau disebut juga empedu. Seperti halnya cara kerja menghancurkan lemak saat mencuci piring dengan memakai jeruk nipis, di dalam tubuh pun kandungan saponin ini akan mengecilkan lemak. Jeruk nipis memiliki efek detoksifikasi atau melarutkan zat- zat racun yang memang harus dikeluarkan melalui saluran pencernaan sehingga Buang Air Besar (BAB) menjadi lancar atau melalui ginjal. Jeruk nipis juga dapat berfungsi sebagai zat pelarut, menyeimbangkan tekanan darah anda, serta mengatur suhu tubuh.

Cara mengkonsumsi jeruk nipis untuk diet sehat anda

Ambillah 1-3 buah jeruk nipis (tergantung kebutuhan, kekuatan, dan selera anda). Belah, lalu peraslah jeruk nipis tersebut, kemudian tambahkan segelas air putih hangat atau dingin, tergantung selera anda. Namun, air dingin lebih dianjurkan karena lebih awet kandungan vitamin C nya dan menyegarkan tentunya.

Setelah diperas dan dicampur air putih, sebaiknya langsung anda minum. Pasalnya kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat mudah teroksidasi atau menguap. Bila sudah menguap tentu saja kandungan vitamin C nya akan berkurang. Bila anda belum terbiasa saat tahap awal sebaiknya ambillah satu buah jeruk nipis dan campurkan dengan air. Atau campurkan satu sendok makan madu atau satu sendok teh gula agar perut lebih dulu beradaptasi. Bila anda sudah merasa lebih kuat, maka anda dapat meminum campuran jeruk nipis dan air tanpa madu ataupun gula.

Minuman ini di konsumsi setiap pagi, setengah jam sebelum sarapan. Jika anda merasa kuat, minuman ini dapat di minum dua kali sehari, pagi dan malam sebelum anda tidur. Satu jam sebelum anda tidur sebaiknya minum segelas jeruk nipis atau jeruk lemon yang ditambahkan teh hijau. Walaupun minuman ini dapat diminum setiap hari, terutama pagi hari, namun sebaiknya dalam seminggu diberi jeda satu hari. Jeda ini dilakukan agar tubuh dapat merangsang dan meningkatkan antibodi, dan sebagai imun tubuh. Selama meminum minuman ini, sebaiknya anda juga memperbanyak minum air putih agar lemak lebih cepat hancur. Sementara untuk kebutuhan serat makanan bagi tubuh, anda boleh mengkonsumsi satu buah jeruk setiap hari. Setiap buah jeruk ukuran sedang memiliki kandungan serat makanan sekitar 3 kilogram. Semakin asam, tentunya semakin banyak kandungan vitamin C jeruk tersebut.

1 Response to "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Anda"

wdcfawqafwef