5 Rahasia Diet Sehat ala Jepang

5 Rahasia Diet Sehat ala Jepang

Banyak orang yang mengira bahwa wanita Jepang mempunyai tubuh ideal karena berdiet mati-matian. Padahal sebaliknya, mereka justru terobsesi pada makanan. Bahkan orang Jepang disebut sebagai food utopia. Pada sepanjang jalan atau pada toserba beragam makanan dijual. Tetapi bila mereka sangat senang makan, bagaimana mungkin mereka tetap langsing, memiliki tubuh ideal, sehat, dan panjang umur. Inilah 5 rahasia diet sehat ala Jepang.

1. Makanan segar

Di Jepang, bahan makanan seperti ikan, sayur, dan buah yang akan diolah diutamakan kesegarannya. Di Jepang, kesegaran bahan makanan yang dijual tidak hanya diberi tanggal kadaluarsa, tetapi juga petunjuk kapan bahan makanan itu dikemas. Tak heran, sangat sedikit makanan beku yang dijual disana. Kebiasaan ini baik untuk kesehatan karena makanan segar mengandung nutrisi yang tinggi, dan enzim alami yang dimiliki makanan segar membantu tubuh mencerna dengan cepat dan mudah. Berbeda dengan makanan yang tidak segar, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan enzim tersebut untuk mencerna. Maka muncullah masalah pencernaan atau kekurangan gizi. Maka itu, carilah bahan makanan segar.

2. Porsi kecil

Sejak kecil, orang Jepang sudah dibiasakan makan dengna porsi sepertiga atau setengah dari porsi orang Amerika. Mereka juga makan perlahan, tidak terburu-buru, sebab setiap suap harus dinikmati. Apabila anda membiasakan diri makan dengan porsi kecil, maka kapasitas lambung untuk menampung makananpun akan menyesuaikan. Hail ini juga yang membantu mengontrol berat badan. Untuk menerapkan kebiasaan ini, jangan langsung berubah drastis, mulailah dengan bertahap agar lambung anda dapat beradaptasi.

3. Dikukus ataupun direbus

Orang Jepang lebih suka mengukus, merebus ataupun menumis makanan daripada menggoreng atau memanggang makanan di oven. Zat-zat dalam makaan yang dikukus ataupun direbus tidak rusak. Jepang juga terkenal dengan makanan mentahnya seperti sashimi. Selain itu juga, makanan Jepang tidak banyak memakai bumbi, krim, dan saus. Oleh karena itu, bila ingin tubuh sehat dan berat badan ideal hindari makanan yang digoreng.

4. Sarapan sehat

Di Jepang, sarapan merupakan hal yang paling penting. Porsi sarapan mereka seringkali lebih besar  bila dibandingkan dengan makan siang ataupun makan malam. Setiap paginya, wanita Jepang menyiapkan sarapan untuk dirinya dan keluarga mereka. Biasanya sarapan mereka terdiri dari semangkuk nasi, sup miso, omelet ataupun sepotong ikan panggang, serta teh hijau. Menu ini dapat memberikan energi dan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Selain itu, sarapan juga akan mencegah orang untuk makan siang berlebihan.

5. Berjalan kaki

Orang Jepang berpendapat bahwa memiliki mobil sendiri malah akan menguras biaya sangat mahal. Oleh sebab itu mereka lebih memilih untuk berjalan kaki untuk ke stasiun kereta. Dengan begitu, kalori mereka selalu terbakar dengan maksimal.

0 Response to "5 Rahasia Diet Sehat ala Jepang"

Post a Comment

wdcfawqafwef